0 Keranjang Profile

Cegah Kebakaran di Rumah Saat Pandemi, Keselamatan Penggunaan Kompor Gas Harus Diperhatikan

enyebaran virus Corona (Covid-19) bukan hanya berdampak pada dunia usaha, tetapi juga pada perubahan perilaku masyarakat (konsumen). Sejak diberlakukannya jaga jarak aman (physical distancing) dan imbauan tetap di rumah (stay at home) untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat menjadi lebih sering memasak di rumah.

Dilansir kontan.co.id, dalam studi yang dirilis Rabu (8/4) lalu, Nielsen mengatakan kebijakan tetap di rumah memengaruhi pola perilaku konsumen, sebanyak 49% konsumen menjadi lebih sering memasak di rumah.

Tren memasak ini dapat dilihat dengan maraknya netizen yang mengunggah foto atau video sedang memasak di media sosial selama masa self-quarantine. Tidak hanya menghilangkan rasa bosan, memasak juga bisa meningkatkan produktivitas selama di rumah.

Dengan meningkatnya tren memasak di rumah saat pandemi ini, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran. Terutama yang diakibatkan oleh kompor gas, karena kerap digunakan untuk memasak dan menghangatkan masakan.

Jadi, selain memerhatikan kebersihan, prosedur keselamatan saat memasak di dapur juga tidak boleh luput dari perhatian. Masyarakat harus memahami cara aman menggunakan kompor gas guna mencegah kebakaran di rumah.

Cegah Kebakaran, Ini Tips Aman Menggunakan Kompor Gas di Rumah Kemunculan kompor gas sebagai alternatif pengganti kompor minyak tentu memberi banyak manfaat dalam kegiatan memasak, yang kini sedang menjadi tren selama pandemi. Selain mudah digunakan, memasak dengan kompor gas juga hanya memerlukan waktu relatif lebih cepat daripada menggunakan kompor minyak. Namun dibalik kemudahannya, kompor gas juga bisa mendatangkan bahaya jika tidak digunakan dengan benar. Sering kali kita mendengar berita mengenai kebakaran atau ledakan akibat kompor dan tabung gas yang memakan korban jiwa dan menimbulkan kerugian materiil serta non materiil.

Dilansir tirto.id, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur menyatakan, penggunaan kompor gas dan instalasi listrik menjadi dua faktor dominan penyebab kebakaran rumah tinggal yang perlu diwaspadai. Dilansir dari laman jakartafire.net, kompor gas (102 kasus) menjadi penyebab kedua terbanyak kebakaran yang terjadi di Jakarta sepanjang tahun 2019. Faktor manusia (human error) sering menjadi penyebab kejadian yang tidak diinginkan dari penggunaan kompor gas, seperti kurangnya pengetahuan tentang cara aman penggunaan kompor gas di rumah. Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, berikut ada beberapa tips aman memasak dengan kompor gas untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran di rumah.

Sumber : https://safetysignindonesia.id/cegah-kebakaran-di-rumah-saat-pandemi-keselamatan-penggunaan-kompor-gas-harus-diperhatikan/